iPhone Distributor dan Isi Ulang Paket Data Internet

10/23/2009

Skema dan Cara Kerja HandPhone




Pondasi dasar bagi seorang servicer selain harus mengetahui macam-macam komponen beserta lambang serta fungsinya, tidak kalah pentingnya juga harus memahami dan mengetahui schematic dasar dari kinerja Ponsel. Karena dari schematic inilah servicer dapat menentukan langkah perbaikan secara tepat dan cepat. Berikut kami bahas dan kami uraikan melalui bentuk yang sederhana, sehingga mudah untuk dipahami dan dipraktekkan. Pada rangkaian Hand Phone terpecah dalam beberapa bagian diantaranya adalah:


A. Bagian Base Band (rangkaian dasar)
Rangkaian ini merupakan rangkaian inti dari Hand Phone, dari rangkaian inilah Hand Phone bisa hidup ataupun bisa mati. Bisa dikatakan rangkaian ini merupakan motorik operasional kerja. Pada rangkaian ini terdapat komponen-komponen :

1. IC CCONVUEM
Memiliki peranan penting yang bertugas mensuplay dan menyetandarkan kebutuhan energi (voltase baterai) sesuai dengan kebutuhan masing- masing komponen. Pada schematic dapat kita analisa peranan dari IC CCONT ini, yaitu:
a. Mensuplay power pada rangkaian Base Band dalam bentuk VBB
b. Mensuplay power pada rangkaian Audio (dct.3) dalam bentuk VCobba
c. Mensuplay power pada rangkaian Memory dalambentuk Wore dan VPP/VFlash
d. Mensuplay power pada rangkaian Charger dalam bentuk VCharg
e. Mensuplay power pada rangkaian RF dalam bentuk VRX, VTX' VRef, VSYN
f. Mensuplay power pada VCO (Oscilator) dalarn bentuk VCC
g. Mensuplay power pada X-TAL dalarn bentuk VCC
h. Mensuplay power pada Transistor dalam bentuk VCP

2. IC MEMORY
a. IC FLASH Memiliki fungsi sebagai penyimpan data memory yang bersifat permanent dari Hand Phone. Artinya setiap melukan perubahan ataupun penambahan memory harus menggunakan perangkat computer/ software.
b. IC RAM Memiliki fungsi sebagai penyimpan data memory yang bersifat tidak permanent, untuk perubahan dan pengesetannya bisa secara manual melalui keyped.
c. IC CPU Berfungsi sebagai pelaksana dari IC Flash dan IC RAM, yangmana memory dari IC ini merupakan perintah bagi IC CPU dan ditransmit ke LCD sebagai bentuk hasil yang bisa dilihat dan dibaca.

B. Bagian RF (Radio Frequency)
Bagian RF merupakan bagian fungsional dari Hand Phone yangmana bertugas membangkitkan dan menciptakan gelombang dalam bentuk gelombang Reiceiver (RX), dan gelombang Transmiter (TX) yang merupakan fungsi utama bagi Hand Phone. Pada rangkaian RF ini terdapat komponen-komponen sebagai berikut

IC RF/HAGGAR
Berfungsi sebagai pembangkit dan pengatur gelombang RX (Reiciver) dan gelombang TX (Transmiter), dimana dalam tugasnya IC RF didukung oleh:
a. IC Audio/Cobba Bertugas sebagai pengolah bahan gelombang signal RX (Reiceiver) dan di transmit ke X-Tal. Dan tugas berikutnya merubah gelombang audio menjadi gelombang alfanumerik atau merubah gelombang alfanumerik ke gelombang audio.
b. X-TAL Bertugas merubah bahan gelombang RX (Reiceiver) dari IC COBBA menjadi gelombang yang standard yaitu 26 Mhz dan ditransmit ke IC RF/HAGGAR.
c. VCO (Oscilator) Bertugas membagi gelombang yang dihasilkan oleh X-TAL yang bernilai 26 Mhz dan dibagi kenilai setengahnya yaitu 13 Mhz dan kembalikan pada IC RF untuk diolah menjadi gelombang RX (Reiceiver) dalam skala 900 Mhz dan 1800 Mhz (untuk dual band) dan ditambah 1900 Mhz (untuk tri band).

C. Bagian Use Interface (UI)

Bertugas sebagai controller pada bagian-bagian:
1. Led lampu : pada bagian ini IC Ul bertugas menyalakan dan mematikan lampu sesuai dengan control pada IC CPU yang merupakan perintah bagi IC U1.
2. Vibrator (Getar) : pada bagian ini IC Ul mengontrol hidup dan matinya vibrator sesuai dengan control menu yang di kirim oleh IC CPU.
3. Buzzer (dering) : pada bagian ini IC Ul bertugas mengontrol hidup dan matinya dering sesuai dengan setting menu yang ada pada bagian memory Hand Phone.

sumber : bengkel phonsel atau kunjungi masyer.blogspot.com
Jika Posting terpotong, klik Read More untuk baca lebih lanjut

No comments:

Post a Comment

Silahkan Masukkan Saran Anda,,thanks :-)